Sebuah fakta yang terjadi saat ini
adalah hampir semua pelaku usaha telah menggunakan facebook sebagai
media promosi. Tak hanya yang berskala besar saja, namun mereka yang
memiliki usaha kecil dan menengah pun sudah melirik platform yang satu
ini. Adapun tujuan digunakannya facebook adalah sebagai media yang
mendukung aktifitas penjualan dengan cara berinteraksi secara langsung
dengan konsumen, kegiatan promosi di Facebook sering juga disebut Facebook Marketing.
Berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh
facebook membuat platform yang satu ini terkesan “lebih matang”
dibandingkan dengan pesaing lainnya. Para pengguna dengan mudah
memanfaatkan atau melakukan promosi sesuai dengan target produk dimana
halaman yang disediakan pun telah disesuaikan seperti pengadaan undian
hingga pemberian harga diskon.
Kemudian, saat memberikan informasi
secara detail dan lengkap termasuk menambahkan kata kunci dapat
dilakukan dengan cara mensetting fitur profil. Walau, tidak sedikit yang
kurang peduli dengan yang satu ini dan cenderung melakukan kesalahan
yang sama berulang kali.
Hal ini sangat penting agar kepercayaan
konsumen semakin meningkat setelah melihat sejarah atau pun layanan yang
dimiliki. Ada banyak cara yang dapat dilakukan seperti mengupload foto
atau video, menuliskan beberapa deskripsi secara detail dan jelas serta
memberikan alamat atau nomor perusahaan yang dimiliki.
Diakui, tidak sedikit yang mengeluhkan
susahnya memaksimalkan facebook sebagai media promosi dikarenakan kurang
pahamnya teknik atau langkah yang harus dilakukan. Faktanya, hal ini
bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa langkah sederhana namun
memberikan hasil yang efektif. Mau tahu langkah apa saja yang harus
dilakukan?
Yup, mengetahui algoritma yang digunakan
facebook sebagai landasan dalam menampilkan konten yang boleh muncul di
newsfeed. Semakin sering berinteraksi dengan memberikan komentar, like
hingga memanfaatkan fasilitas yang diberikan, maka sangat besar
kemungkinan akan muncul di berita pengguna. Istilah yang biasa digunakan
adalah edgerank dimana metode ini sangat penting guna meningkatkan
strategi konten dan memperluas jangkauan kepada target market yang
dituju.
Tak hanya itu, media berbayar pun
ditawarkan oleh facebook yang semakin memudahkan pelaku usaha untuk
mengetahui tingkat minat dari pengguna produk atau jasa yang mereka
miliki dalam waktu singkat. Namun, sebelum memutuskan cara ini, ada
baiknya memahami dengan benar agar tidak terjadi kerugian terutama dalam
hal pembiayaan promosi.
Nah, dengan begitu banyaknya fasilitas
yang diberikan, maka sungguh naïf jika seorang pelaku usaha kurang
memaksimalkannya untuk melakukan promosi. Apalagi, berbagai sumber dapat
dijadikan sebagai referensi yang pastinya akan memberikan penjelasan
singkat dan akurat. Bila ingin mempelajarinya secara berstruktur, dapat
mengikuti seminar yang membahas tentang facebook.
Jika tidak, jangan salahkan bila usaha
yang dijalankan akan cenderung stagnan atau jalan di tempat karena
konsumen semakin pintar dalam memilih perusahaan mana yang lebih
berinovasi dan kreatif.