Di era Digital Marketing
saat ini, menggunakan social media untuk promosi bisnis menjadi satu
keharusan bagi pemilik bisnis atau pelaku usaha. Hal ini disebabkan
perkembangan dari situs sosial media itu sendiri dimana fungsi
pertemanan sudah dimodifikasi dengan penambahan beberapa fitur yang
banyak memberikan manfaat dalam rangka mengenalkan produk atau jasa yang
ditawarkan. Selain itu, aktifitas pengguna yang semakin bertambah
seiring dengan inovasi terbaru dari beberapa smart phone ditengarai memberikan kontribusi yang cukup besar akan penggunaan metode tersebut.
Di sisi pelaku usaha sendiri,
menggunakan social media untuk promosi bisnis memang tidak terlepas dari
kebutuhan. Artinya, si pemilik usaha haruslah jeli dalam melihat
peluang atau pun fasilitas yang ditawarkan apakah memang sesuai dengan
yang menjadi kebutuhan atau tidak. Hal ini menjadi sangat penting karena
saat ini sangat banyak platform yang ditawarkan kepada konsumen untuk
melakukan kegiatan sosial di dunia maya. Yang bila diabaikan, akan
mempersulit seorang pelaku usaha memahami konsep yang harus dilakukan.
Social media untuk promosi bisnis saat ini sudah sangat wajar dilakukan karena merupakan salah satu sarana yang penting di era digital marketing saat ini. Banyak keuntungan dan kemudahan yang diperoleh dari kegiatan promosi bisnis di social media.
Meneliti dan mempertimbangkan kelayakan
dari media tersebut diharapkan akan membuat pemasaran berlangsung
efektif dan efisien baik dari segi waktu dan dana. Selain itu juga,
semakin mengenal bagian dari fasilitas yang ada, akan mempermudah dalam
memaksimalkannya untuk penggunaan di masa datang. Dan berita baiknya,
ada banyak sumber yang dapat dijadikan sebagai rekomendasi dalam
menentukan pilihan sehingga perbandingan pun dapat dilakukan. Baik itu
situs maupun majalah yang membahas seputar menggunakan social media
untuk promosi bisnis.
Di Indonesia sendiri, sosial media yang
cocok digunakan adalah twitter, instagram, facebook dan blog. Keempat
platform ini pun ditengarai mampu dihubungkan satu dengan yang lainnya
sehingga semakin mempermudah pelaku bisnis dalam mempromosikan usaha
atau pun produk mereka. Tidak sulit untuk mengaplikasikannya karena
fasilitas yang terdapat di dalamnya mampu mewujudkannya. Dan yang pasti,
keempat platform tersebut sangat mudah diakses dengan menggunakan
perangkat teknologi seperti gadget yang hanya membutuhkan pulsa internet
yang sangat terjangkau.
Trik Unik Menggunakan Social Media Untuk Promosi Bisnis
Dengan banyaknya kemudahan yang
ditawarkan oleh social media yang ada, justru telah memunculkan banyak
ide yang tidak hanya menarik namun unik. Terutama dari kalangan
pengusaha muda yang semakin kreatif dan penuh dengan inovasi saat
menggunakan social media untuk promosi bisnis. Namun yang pasti, tetap
menyesuaikan dengan pangsa pasar adalah syarat mutlak agar tujuan
promosi dapat berjalan dengan lancar.
Salah satu trik unik yang dapat
dilakukan adalah memberikan bonus atau harga diskon. Biasanya, dengan
penawaran seperti ini akan membuat pengunjung tertarik untuk melakukan
pembelian. Sebut saja pemberian diskon hingga 10% bagi mereka yang
meretweet status atau memberikan ongkos pengiriman bagi mereka yang
menyebarkan status dan mendapat like hingga jumlah tertentu.
Kiat jitu lainnya adalah rajin melakukan
update status dengan menggunakan social media untuk promosi bisnis.
Bila perlu, upload foto-foto dari produk terbaru dan berikan tambahan
berupa testimoni pelanggan yang merasa puas dengan produk tersebut. Agar
teknik ini dapat berjalan dengan baik dan efisien, pastikan mengetahui
“prime time” dimana kunjungan sangat banyak terjadi.
Selain itu, pendekatan secara personal
seperti mengucapkan selamat ulang tahun kepada mereka yang merayakannya
dengan cara memberikan harga diskon, dipercaya mampu membentuk “brand”
di benak mereka. Terlihat sederhana dan tidak sulit bukan? Jadi, segera
manfaatkan beberapa teknik dalam menggunakan social media untuk promosi Bisnis.