Efektifkah SEO Sebagai Alat Pemasaran?.
Mengetahui teknik pemasaran yang tepat dalam menjalankan satu usaha
menjadi satu hal yang wajib dilakukan. Termasuk menggunakan internet
dimana mengoptimasi kata kunci atau keyword agar mendapatkan peringkat
menjadi tugas yang utama. Mengapa? Sederhana agar pengunjung dengan
mudah menemukan website yang sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan
mereka. Artinya, kemungkinan terjadinya transaksi dan meningkatkan
penjualan bukanlah satu yang sulit untuk dikerjakan.
Rata-rata hampir 95% pengguna internet
menggunakan mesin pencari untuk menemukan informasi atau produk yang
mereka butuhkan. Uniknya, 87% pengunjung datang ke sebuah website
berasal dari halaman pertama dari mesin pencari. Bahkan lebih dari 80%
tidak akan pernah melihat hasil yang ditampilkan hingga halamannya yang
ke empat. Dengan data demikian, maka layaklah bila SEO adalah alat
pemasaran yang tepat dan memampukan hal tersebut. Logikanya setiap orang
yang membutuhkan informasi akan melakukan pencarian di mesin pencari
dengan mengetik kata atau rangkaian kata yang sesuai dengan kebutuhan
mereka, maka bila website bisnis anda muncul dengan peringkat yang baik
di halaman hasil pencarian maka peluang terjadi transaksi akan semakin
besar.
Hanya saja, layaknya sebuah usaha yang
membutuhkan beberapa perubahan, begitu juga dengan SEO yang cenderung
dinamis sehingga mau tidak mau untuk mengoptimasi sebuah website
haruslah di-up grade seiring dengan perubahan yang ada. Mulai dari
persaingan keyword yang ditarget, backlink berkualitas hingga mengatur
on page sebuah situs.
Di tengah gencarnya jejaring sosial yang
terus bermunculan memang menimbulkan pertanyaan yang pro dan kontra
mengenai efektif tidaknya SEO sebagai alat pemasaran yang tepat. Seperti
yang telah dijelaskan diatas bahwa SEO bukanlah satu-satunya metode
yang dapat mendatangkan pengunjung namun bukan berarti SEO tidak
dibutuhkan lagi mengingat ada beberapa situs sosial yang memaksimalkan
fitur untuk mendapatkan konsumen yang tertarget.
Tentu saja akan terdapat perbedaan
diantara keduanya dimana kelebihan dan kekurangan pun menyertainya.
Kalau sudah begini sangat tergantung dari si pemilik usaha atau toko
online yang ada apakah cukup menggunakan SEO dan mengabaikan kekuatan
dari jejaring sosial atau kebalikannya atau malah menggabungkan
keduanya. Yang pada akhirnya dapat menilai apakah SEO sebagai alat pemasaran masih efektif atau tidak.