Strategi Internet Sebagai Media Pemasaran

Header Menu


Strategi Internet Sebagai Media Pemasaran

Jumat, 14 Maret 2014

Efektifkah SEO Sebagai Alat Pemasaran?. Mengetahui teknik pemasaran yang tepat dalam menjalankan satu usaha menjadi satu hal yang wajib dilakukan. Termasuk menggunakan internet dimana mengoptimasi kata kunci atau keyword agar mendapatkan peringkat menjadi tugas yang utama. Mengapa? Sederhana agar pengunjung dengan mudah menemukan website yang sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan mereka. Artinya, kemungkinan terjadinya transaksi dan meningkatkan penjualan bukanlah satu yang sulit untuk dikerjakan.
Rata-rata hampir 95% pengguna internet menggunakan mesin pencari untuk menemukan informasi atau produk yang mereka butuhkan. Uniknya, 87% pengunjung datang ke sebuah website berasal dari halaman pertama dari mesin pencari. Bahkan lebih dari 80% tidak akan pernah melihat hasil yang ditampilkan hingga halamannya yang ke empat. Dengan data demikian, maka layaklah bila SEO adalah alat pemasaran yang tepat dan memampukan hal tersebut. Logikanya setiap orang yang membutuhkan informasi akan melakukan pencarian di mesin pencari dengan mengetik kata atau rangkaian kata yang sesuai dengan kebutuhan mereka, maka bila website bisnis anda muncul dengan peringkat yang baik di halaman hasil pencarian maka peluang terjadi transaksi akan semakin besar.
Hanya saja, layaknya sebuah usaha yang membutuhkan beberapa perubahan, begitu juga dengan SEO yang cenderung dinamis sehingga mau tidak mau untuk mengoptimasi sebuah website haruslah di-up grade seiring dengan perubahan yang ada. Mulai dari persaingan keyword yang ditarget, backlink berkualitas hingga mengatur on page sebuah situs.
Di tengah gencarnya jejaring sosial yang terus bermunculan memang menimbulkan pertanyaan yang pro dan kontra mengenai efektif tidaknya SEO sebagai alat pemasaran yang tepat. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa SEO bukanlah satu-satunya metode yang dapat mendatangkan pengunjung namun bukan berarti SEO tidak dibutuhkan lagi mengingat ada beberapa situs sosial yang memaksimalkan fitur untuk mendapatkan konsumen yang tertarget.
Tentu saja akan terdapat perbedaan diantara keduanya dimana kelebihan dan kekurangan pun menyertainya. Kalau sudah begini sangat tergantung dari si pemilik usaha atau toko online yang ada apakah cukup menggunakan SEO dan mengabaikan kekuatan dari jejaring sosial atau kebalikannya atau malah menggabungkan keduanya. Yang pada akhirnya dapat menilai apakah SEO sebagai alat pemasaran masih efektif atau tidak.