Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini Facebook adalah social media yang terbesar. Memanfaatkan Facebook untuk pemasaraan (Facebook Marketing)
dengan berbagai produk atau jasa, saat ini bukanlah satu hal yang
terbilang baru. Ini disebabkan perkembangan situs social media yang satu
ini menunjukkan hal yang sangat positif. Bahkan, tidak dipungkiri jika
hampir seluruh pengguna internet dipastikan memiliki akun baik untuk
keperluan personal maupun perusahaan. Satu kenyataan yang harus disikapi
dengan bijak guna mendatangkan keuntungan tersendiri bagi satu usaha.
Facebook sendiri adalah salah satu situs
jejaring sosial yang memiliki pengunjung sangat banyak tiap hari.
Apalagi, menurut data statistik yang dikeluarkan oleh alexa.com, bahwa
peringkat Facebook berada pada posisi #1, diatas Google sebagai raja
mesin pencari. Artinya, peluang yang sangat besar ditawarkan oleh
Facebook dalam mengenalkan produk atau jasa yang dimiliki dikarenakan kunjungan tersebut.
Layaknya situs jejaring sosial lainnya,
dibutuhkan teknik tersendiri untuk memanfaatkan peluang yang ada.
Apalagi, Facebook banyak memiliki fitur menarik dan fungsi yang sangat
hebat guna menjaring calon pelanggan. Sebut saja promosi dengan
menggunakan post, tersedianya fasilitas untuk membuat Fan Page, iklan
berbayar (FB Ads) hingga teknik viral yang dapat menjangkau secara luas
dalam hitungan menit.
Facebook Marketing sebagai salah satu kegiatan pemasaran membutuhkan perencanaan yang baik dalam menentukan target sesuai dengan produk yang ditawarkan.
Bagi mereka yang kurang memahami manfaat
atau cara penggunaan facebook sebagai alat marketing atau Facebook
Marketing, dapat memanfaatkan beberapa situs yang kerap membahas tentang
bagaimana melakukan Facebook Marketing. Ada yang memberikan secara
cuma-cuma alias gratis, walau tidak sedikit juga yang menawarkannya
sesuai dengan dana investasi yang harus dikeluarkan.
Ada banyak keuntungan yang ditawarkan
dengan memanfaatkan facebook untuk pemasaran seperti membantu pengusaha
menciptakan branding atas usaha atau jasa yang dimiliki. Melalui konten
yang bermanfaat diberikan secara berkala tanpa harus melakukan promosi
dengan bertubi-tubi, ditengarai akan mampu membentuk image tersendiri.
Bahkan, hanya dengan memajang profile pribadi yang dilengkapi dengan
beberapa spesifikasi lainnya akan memberikan nilai lebih.
Facebook Marketing Beberapa Tips.
Meskipun kelebihan banyak ditawarkan oleh Facebook, akan menjadi sia-sia jika si pengguna tidak mampu memaksimalkan potensi Facebook Marketing
yang ada. Melakukan promosi dengan gencar atau istilah kerennya
spamming, justru akan menjadi blunder yang merugikan. Satu persatu
penggemar atau bahkan beberapa sahabat akan meninggalkan akun yang
dimiliki oleh si pengusaha. Agar tidak terjadi hal yang demikian, ada
beberapa kiat jitu dalam memanfaatkan facebook untuk pemasaran. Harus
juga dipahami aturan-aturan yang telah dikeluarkan oleh Facebook
sehingga akun anda akan aman.
Salah satunya adalah memahami
karakteristik pengunjung atau pelanggan yang cocok untuk produk atau
jasa yang ditawarkan. Dengan demikian, selain menghemat banyak waktu dan
tenaga, kecendrungan akan terjadinya transaksi juga terbuka lebar.
Selain itu, penggunaan beberapa macam konten, gambar hingga referensi,
dapat dengan mudah disesuaikan. Memperkuat engagement dengan konten yang
bermanfaat dalam kegiatan Facebook Marketing sangat disarankan.
Kemudian, langkah selanjutnya melakukan
pendekatan secara personal. Dalam artian, menanggapi dengan cepat segala
keluh kesah, saran hingga sekedar bersapa dengan audiens. Hal ini
sangat penting karena Facebook adalah situs pertemanan dimana dialog dua
arah sangat diperlukan disini. Tidak berinteraksi secara aktif dengan
mereka, akan membuat “dinding” tersendiri dengan konsumen. Alhasil,
promosi pun dipastikan akan gagal yang berakibat pada lajunya satu
usaha.
Terlihat sederhana memang, namun bila
tidak dibarengi dengan latihan yang pastinya akan mengalami kegagalan,
semua ilmu dan informasi yang diberikan akan menjadi sia-sia.
Konsistensi dibutuhkan dalam kegiatan di setiap social media, termasuk
kegiatan Facebook Marketing. Fitur yang terus dilengkapi pun tidak akan
secara maksimal memberikan hasil dikarenakan kurang memahami teknik
penggunaannya, seperti promo Fan Page dan Fb Ads. Sebaliknya, jika si
pengusaha sudah memiliki informasi yang cukup dan memahami kinerjanya,
dipastikan akan memberikan keuntungan saat memanfaatkan Facebook untuk
pemasaran. Perencanaan serta penentuan target akan sangat menentukan
suksesnya kegiatan Facebook Marketing.